Investasi Perikanan Turun 5,39 Persen per Tahun

JAKARTA–MI: Pertumbuhan nilai investasi sektor perikanan turun rata-rata 5,39 persen dalam empat tahun terakhir.

“Data BKPM yang dikeluarkan tahun 2009 menunjukkan pertumbuhan nilai realisasi investasi sektor perikanan dalam kurun waktu 2006 hingga Februari 2009 mengalami penurunan sebesar 5,39 persen per tahun,” kata Kepala Riset Pusat Kajian Pembangunan Kelautan Dan Peradaban Maritim (PK2PM) Suhana di Jakarta, Minggu (24/5).

Dari data tersebut, ia mengatakan, nilai investasi sektor perikanan tahun 2006 mencapai Rp33 miliar dengan 99,39 persen bersumber dari Penanaman Modal Asing (PMA).

Sementara tahun 2008 nilai investasi sektor perikanan hanya mencapai Rp2,4 miliar dengan 100 persen bersumber dari Penanaman Modal Asing (PMA).

Sepanjang Januari hingga Februari 2009, nilai investasi sektor perikanan masih belum ada. Hal ini menunjukkan bahwa sektor perikanan tidak mendapatkan perhatian yang baik dari para pemodal dalam negeri.

“Pemerintah terlihat belum dapat meyakinkan para pemodal dalam negeri untuk menanamkan investasinya di sektor perikanan,” ujar Suhana.

Ia menambahkan, penurunan nilai investasi tersebut sangat berpengaruh terhadap penurunan kegiatan usaha sektor perikanan. Berdasarkan survei kegiatan usaha yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia pada 2009, menunjukkan bahwa sektor perikanan merupakan salah satu sektor yang mengalami penurunan.

Data survei tersebut, kata Suhana, nilai saldo bersih tertimbang (SBT) untuk sektor pertanian, peternakan, kehutanan, dan perikanan negatif 1,48 persen. Penurunan kinerja usaha sektor perikanan juga dapat dilihat dari kapasitas produksi yang terpakai.

Data survei BI tersebut, lanjut dia, kapasitas produksi yang terpakai pada usaha sektor perikanan dalam kurun waktu tahun 2006 hingga 2009 turun rata-rata sekitar 67,47 persen. (Ant/OL-04)

Sumber : mediaindonesia

~ oleh bangzabar pada Mei 25, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: