INSTAL WINDOWS (98, 98Se, ME, 2000, XP)

Agar PC yang kita punyai dapat digunakan sebagaimana biasa, serta dapat menjalankan beberapa aplikasi yang kita butuhkan (ngetik, ngegame, ngegambar, nonton film…..dll) perlu adanya suatu aplikasi dasar/utama yang di sebut operasi system (OS), sehingga kita dapat memasukkan dan menjalankan aplikasi-aplikasi tersebut. Ada beberapa OS yang dapat digunakan oleh user’s, diantaranya Windows (95,98,98se,Me, 2000,XP), Linux, Mac OS dll. Diantara beberapa OS yang ada biasanya para user’s lebih senang menggunakan OS dari Microsoft yaitu Windows, karena OS yang satu ini mempunyai beberapa kelebihan fitur dan kemudahan, sehingga banyak perusahaan hardware dan software yang mendukung/compatible dengan OS ini.
Tahapan instalasi dari Windows:
Semakin berkembangnya dunia teknologi maka juga memacu berkembangnya beberapa software untuk berkembang. Demikian juga perusahaan Microsoft yang mengembangkan windows. Dimulai dari win 95 sampai yang paling baru yaitu win XP. Untuk itu akan kita bahas cara menginstal win XP.

  1. Lakukan perubahan urutan booting pada BIOS, yaitu memilih CD ROM sebagai urutan yang pertama, sehingga saat PC nyala akan langsung booting pada CD-ROM. (untuk mempermudah proses instalasi sebaiknya menggunakan CD Win XP Intaller)
  2. Masukkan CD Win XP installer ke CD Drive. Setelah tampak promp tekan space bar untuk bisa secara langsung melakukan boot pada CD-ROM. Tekan space bar kembali untuk dapat melihat pesan yang akan di tampilkan.
  3. kemudian akan muncul sebuah pertanyaan pilihan yaitu install baru , repair atau quit. Untuk memilih ketiga pilihan tersebut gunakan key. Karena kita ingin install pada PC baru/belum ada system operasinya, maka pilih intall baru. Kemudian ikuti semua perintah yanmg di tampilkan pada layar sampai muncul pilihan format partisi
  4. Pilih salah satu format partisi FAT32 atau NTFS, agar data bisa terbaca pada windows sebelumnya sebaiknya pilih FAT32. disini juga anda akan menemukan dua tambahan untuk pilihan quick format untuk masing-masing pilihan. Setelah anda menentukan melakukan pilihan yang sesuai dengan keinginan, tekan key untuk meneliti format partisi tadi
  5. Setelah itu PC akan melakukan break/restart. Saat proses break ini rubahlah urutan booting pada Hard Disk, agar proses tidak kembali ke awal lagi. Setelah PC menyala maka proses intalasi di mulai lagi dan secara otomatis akan melakukan peng-copy an file ke hard disk, ikuti proses ini sampai selesai
  6. Setelah muncul privacy product, pilih Region dan language, masukkan nama dan organisasi anda, masukkan License Key tekan enter dan tunggulah sampai proses selesai.

Setelah proses instalasi selesai anda dapat menginstal beberapa program aplikasi yang anda senangi. Tapi untuk mengantisipasi adanya virus yang ikut dalam proses instalasi program aplikasi, sebaiknya anda menginstal “anti virus terlebih dahulu” .

~ oleh bangzabar pada Agustus 20, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: