SEKILAS SMK NEGERI 1 JEUNIEB

 
A. Gambaran Umum Sekolah
1. Gambaran SMK Negeri 1 Jeunieb
  • Nama Sekolah : SMK N 1 JEUNIEB
1. Status Sekolah dan NIS : Negeri
2. NSS dan Kode Perpustakaan : 251077302002/43031/P
  • Sekolah dibuka/didirikan sejak : 1 Januari 1968
  • SK Penegrian, Tanggal Nomor : 35/PP/IV/1967.7 Desember 1967
  • Telpon : (0644) 541045
2. Tujuan Pendidikan dan Pelatihan SMK N 1 JEUNIEB
Pendidikan dan Pelatihan di SMP Unggul JEUNIEB bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta pelatihan sebagai tenaga kerja tingkat menengah yang terampil, terdidik, dan profesional, serta mampu mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
3. Standar Kompetensi Tamatan SMK N 1 JEUNIEB
Kompetensi tamatan akan tergambar dalam bentuk unjuk kerja sebagai aktifitas nyata maupun aktifitas tersembunyi, meliputi:
Ø Memiliki akhlak dan budi pekerti luhur
Ø Pengembangan penguasaan pengetahuan, yang dicirikan dengan proses mencari tahu untuk menginterprestasikan informasi.
Ø Pengembangan keterampilan yang dicirikan dengan ketaatan prosedur, tepat waktu, tahan bosan, akurasi dan teliti
Ø Pengembangan kemampuan nalar dicirikan dengan penciptaan ide baru, memandang masalah dengan cara baru, merencanakan penanggulangan masalah secara sistematik
4. Alokasi Waktu Pembelajaran
· Lama pendidikan 3 tahun.
· Satuan waktu belajar tingkat I, 420 jam pelajaran, tingkat II 420 jam pelajaran, dan tingkat III 336 jam pelajaran.
5. Bahasa Pengantar
Pada kegiatan pembelajaran menggunakan bahasa pengantar Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris bila tuntutan dunia kerja mempersyaratkan kemampuan bahasa inggris lebih intensif.
6. Penilaian dan Sertifikasi
Penilaian hasil belajar dilakukan secara berkelanjutan baik evaluasi formatif yang berfungsi sebagai umpan balik (feed back) terhadap proses pembelajaran, maupun evaluasi sumatif sebagai pengukuran penilaian ketuntasan pencapaian hasil belajar peserta pendidikan dan pelatihan.
Penerapan pendekatan competency base training (CBT) pada dasarnya memberi layanan individual untuk menguasai kompetensi tertentu. Dalam mengukur tingkat penguasaan kompetensi harus dilaksanakan pengujian, dan pengakuan terhadap penguasaan kompetensi dari peserta diklat dikeluarkan sertifikat kompetensi yang diterbitkan oleh lembaga penguji terakreditasi standart nasional maupun internasional.
7. Staf Pengajar SMK N 1 JEUNIEB
SMK Negeri 1 Jeunieb memiliki staf pengajar dengan latar belakang pendidikan dan kemampuan keahlian kejuruan (spesialisasi) yang disertifikasi kompetensi standart nasional maupun internasional, pada kompetensi tertentu dan untuk mendapatkan pengalaman yang lebih nyata dilapangan, staf pengajar didatangkan dari industri/perusahaan (guru tamu).
Sebagai kelengkapan jaminan mutu tamatan, serta untuk dapat mengikuti perkembangan Iptek sekolah mengirim staf pengajar untuk ditatar/upgrade kepusat-pusat penataran maupun industri dalam dan luar negeri serta mendatangkan tenaga konsultan dari PPPGT-Medan, P4TK Cianjur, VEDC-Malang, dan TTUC Bandung dalam frame In House Training secara periodik.
8. Sarana dan Prasarana Sekolah
sarana dan prasarana yang dimaksud adalah faktor fisik dan nonfisik sebagai penunjang atau pendukung terlaksananya program sekolah SMK Unggul Jeunieb.
A. Gedung Sekolah
Gedung yang cukup megah dan tergolong lengkap, dengan semua ruang kelas, kantor Administrasi, ruang guru, areal parkir, kantin, lapangan olahraga, lab. komputer, bengkel praktek, serta taman-taman yang indah, memberikan fasilitas yang cukup nyaman untuk kegiatan belajar.
B. Ruangan yang ada di SMK Negeri 1 Jeunieb
Ruangan merupakan tempat kegiatan untuk menyelenggarakan administrasi sekolah. Ruangan di SMK Negeri 1 Jeunieb dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu:
1. Ruang kepala sekolah : 1 Ruang 36 m2
2. Ruang Guru : 2 Ruang 121,5 m2
3. Ruang Tata Usaha/SIM : 2 Ruang 144 m2 :
4. Ruang Perpustakaan : 1 Ruang 150 m2
5. Ruang Teori : 35 Ruang 1456 m2
6. lab. ko,puter : 1 Ruang 42 m2
7.Gudang/Arsip : 1 Ruang 12 m2
8.bengkel parktek : 1 Ruang 120 m2
9.Ruang Sidang : 1 Ruang
10.Ruang BP/BK : 1 Ruang 54 m2
12.Ruang Media : 1 Ruang 90 m2
13.Ruang Pengadaan/Waka : 1 Ruang 54 m2
14.Kamar Mandi : 4 Ruang 75 m2
16.Ruang OSIS : 1 Ruang 56 m2
17.Kantin : 1 Ruang 90 m2
18.Ruang Instruktur/Alat : 2 Ruang 30 m2
C. Perpustakaan
Ruang perpustakaan yang baik dengan kelengkapan buku sehingga dapat membuat para siswa merasa nyaman dalam membaca buku dan betah memanfaatkan waktu dalam perpustakaan.
D. UKS (Usaha Kesehatan Sekolah)
Jaminan kesehatan diberikan kepada siswa dengan jalan menyediakan fasilitas UKS yang dilayani oleh petugas UKS, yang membuka layanan gratis untuk pengobatan standart.
E. Kantin
Di SMK Negeri 1 Jeunieb tersedia kantin dengan berbagai jenis makanan dan minuman dengan harga yang tidak jauh beda dengan harga di toko-toko. Tersedianya kantin membuat para siswa merasa nyaman. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja mereka, karena para siswa tidak perlu meninggalkan sekolah hanya untuk memenuhi kebutuhan makan.
9. Disiplin SMK N 1 JEUNIEB
Disiplin sekolah pada umumnya yaitu masalah waktu, di SMK Negeri 1 Jeunieb, selalu diwajibkan tentang disipin waktu, disiplin waktu antara lain :
1. Setiap hadir pagi hari diharuskan mengisi absen hadir.
2. Hari kerja adalah senin sampai dengan sabtu ( hari besar libur )
3. Jam kerja :
§ Hari Senin sampai kamis belajar mengajar mulai pukul 07.30 – 14.00 WIB
§ Hari Jum’at kegiatan belajar mengajar pukul 07.30 – 11.15 WIB
§ Hari Sabtu kegiatan belajar mengajar mulai pukul 07.30-13.15 WIB
§ Istirahat Pukul 11.15 – 11.45 WIB
10. Pemeliharaan dan perbaikan alat SMK N 1 JEUNIEB
Untuk menjamin kelangsungan ruang praktek yang baik, nyaman, maka perlu pemeliharaan secara rutin. Setiap hari akhir kerja disisikan waktu kerja untuk pembersihan secara menyeluruh terhadap peralatan ruang praktek.
Diruangan mapun dipekarangan tempat praktek dilarang membuang sampah sembarangan dam membuang setiap sampah – sampah di tong sampah yang telah disediakan
B. Visi dan Misi SMK N 1 JEUNIEB
Visi :
Mengembangkan pendidikan berbasis kompetensi yang dapat menghasilkan sumber daya manusia yang handal, terampil, memiliki kualitas iman dan taqwa dibidangnya masing-masing untuk mengisi lapangan kerja dalam dan luar negeri sesuai dengan keahlian yang dimiliki.
Misi :
  • Menghasilkan tamatan yang memiliki ketaqwaan yang tinggi kepada Tuhan Yang Maha Esa dan memiliki kesadaran yang tinggi terhadap keharmonisan lingkungannya.
  • Menghasilkan tamatan yang memiliki kompetensi tinggi, mampu bersaing di pasar tenaga kerja nasional dan internasional.
  • Menghasilkan tamatan yang mampu memenuhi tuntutan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bekal untuk mengembangkan dirinya.
  • Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan di bidang teknologi bagi masyarakat.

~ oleh bangzabar pada Agustus 24, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: