KEHADIRAN COLD STORAGE BAGI NELAYAN KECIL

Cold storage merupakan salah satu sarana penunjang dalam proses penanganan pasca penangkapan. Peranan cold storage yaitu sebagai tempat penampung/penyimpanan sementara guna tetap menjaga kwalitas hasil tangkapan sebelum didistribusikan, sehingga harga jualnya dipasaran tidak menurun karena kwalitas hasil tangkapan yang menurun.

Bila ditinjau dari manfaatnya, kehadiran Cold Storage bagi nelayan kecil/ tradisional akan sangat membantu nelayan untuk menyeimbangkan pendapatan mereka. Dimana sekarang ini yang kita lihat kejadian dilapangan, khususnya nelayan didaerah Jeunieb, disaat musim ikan tiba maka jumlah ikan dipasar sangant melimpah yang otomatis akan membawa dampak pada turunnya harga ikan. Apalagi bila dilihat dari jenis alat penangkap yang digunakan masyarakat Jeunieb yang pada umumnya menggunakan  Alat Penangkap Ikan Purse Seine yang beroperasi pada saat musim gelap.

Karena faktor tersebut, tidak heran bila pada saat gelap harga ikan dipasaran drastis menurun dan begitu juga sebaliknya. Sedangkan bila ditinjau biaya operasional penangkpan, makin hari makin melonjak naik dan tidak ada kata-kata gelap-terangnya bulan.

Hal demikian sangat dirasakan oleh hampir semua nelayan kecil di Indonesia, khususnya wilayah Jeunieb dan sekitarnya.

Dari gambaran singkat diatas dapat dilihat pentingnya keberadaan cold storage sebagai sarana penunjang di Sektor Perikanan Tangkap. Dengan jumlah potensi perikanan tangkap yang menjadi tempat beroperasinya nelayan kecil yang seperti diatas, maka dirasakan perlu adanya penyediaan cold storage guna memperlancar ketersediaan stok ikan bagi masyarakat serta stabilnya harga ikan dipasaran yang mampu menampung seluruh hasil tangkapan yang ada dikawasan tersebut.

~ oleh bangzabar pada Agustus 29, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: