Lanjutan Contoh Proposal Tugas Akhir

I. PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Kebutuhan dunia akan sumber informasi dari tahun ke tahun semakin meningkat, sebanding dengan tingkat pertumbuhan dunia teknologi. Upaya mendapatkan informasi yang cepat dan terpercaya diperlukan suatu sumber yang akan dituju guna menghindari pemborosan waktu dan biaya. Cara mendapatkan informasi yang tidak didasari oleh pengetahuan tentang dimana informasi didapat dengan cepat serta dapat dipercaya adalah merupakan pekerjaan yang menghabiskan waktu, biaya, dan tenaga. Bagaimana mendapatkan sumber informasi perikanan yang efektif dan efisien dapat dilihat dari hasil kuesioner nantinya. Media informasi perikanan meningkatkan efisiensi dalam mendapatkan informasi tentang dunia perikanan dengan menentukan sumber pertama yang paling banyak dituju mahasiswa perikanan khususnya dan masyarakat pada umumnya.
Proses mencari informasi adalah proses untuk merubah dari yang tidak tahu menjadi tahu. Untuk memperoleh informasi harus dicari dari sumber-sumber informasi. Salah satu sumber informasi adalah internet. Internet adalah pusat informasi yang multi bidang. Semua aspek kehidupan baik yang berdampak positif maupun negatif dapat diakses dan diperoleh dari internet. Oleh karena itu dalam pemanfaatan internet kita harus memiliki filter keimananan serta moralitas yang baik untuk menyeleksi informasi yang akan kita peroleh.
Oleh sebab itu, Tugas Akhir ini dilakukan untuk membantu masyarakat memperoleh pengetahuan tentang media sumber informasi perikanan yang banyak diakses oleh mahasiswa perikanan Politeknik Negeri Jember yang akan dapat digunakan sebagai acuan dalam menentukan sumber informasi perikanan yang akan dituju guna meningkatkan efektiitas dan efisiensi.
1.2 Batasan masalah
Meskipun banyak permasalahan yang berkaitan dengan Internet Sebagai Sumber Informasi Perikanan Yang Paling Banyak Dikunjungi Mahasiswa, namun dalam penelitian ini hanya membatasi pada masalah persentase jumlah mahasiswa yang mengakses internet dan tingkat keberhasilan mendapatkan informasi.

1.3 Rumusan masalah
Mendapatkan informasi perikanan yang tidak didasari oleh tujuan media informasi perikanan yang diakses, akan mendapatkan hasil yang kurang tepat serta menghabiskan waktu, biaya, dan tenaga.
1.4 Tujuan penelitian
Adapun tujuan dari kegiatan penelitian ini adalah :
1. Memperoleh persentase internet sebagai sumber informasi perikanan yang diakses oleh mahasiswa perikanan pada Politeknik Negeri Jember.
2. Memperoleh data atau identitas situs yang banyak didapatkan informasi.
3. Menentukan persentase efektifitas, update, dan ketepatan informasi yang diperoleh.
1.5 Manfaat penelitian
Sesuai dengan latar belakang perumusan masalah dan tujuan penulisan yang hendak dicapai, maka manfaat yang diharapakan dari penelitian ini adalah:
1) Bagi Peneliti
Dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang media sumber informasi perikanan.
2) Bagi Institusi Pendidikan
Digunakan sebagai sumber informasi, khasanah wacana kepustakaan serta dapat digunakan sebagai referensi bagi penelitian selanjutnya.
3) Bagi Profesi
Dapat memberikan sumbangan pengetahuan bagi dunia perikanan.
4) Bagi masyarakat
Memberi informasi kepada masyarakat tentang media sumber informasi perikanan yang efektif, update, dan efisien.

1.6 Definisi operasional
1. Internet
Adalah jaringan komputer yang mampu menghubungkan komputer di seluruh dunia sehingga berbagai jenis dan bentuk informasi dapat diakses dari berbagai belahan dunia secara cepat.
2. Sumber Informasi
Segala sesuatu atau daya yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, baik secara terpisah maupun dalam bentuk gabungan, untuk kepentingan mendapatkan informasi dengan tujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi tujuan pembelajaran.
3. Perikanan
Perikanan adalah semua kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya ikan dan lingkungannya mulai dari praproduksi, produksi, pengolahan sampai dengan pemasaran yang dilaksanakan dalam suatu sistem bisnis perikanan (Pasal 1 ayat 1 tahun 2004 tentang Perikanan).

~ oleh bangzabar pada Desember 6, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: