SEL DAN JARINGAN

75 triliun sel dalam tubuh manusia adalah struktur hidup yang dapat hidup dalam jangka waktu tak terbatas dan dalam berbagai keadaan dengan menggunakan nutrient(zat makanan) yang cocok dalam cairan sekitarnyapun dapat berbiak. Untuk mengetahui fungsi organ dan struktur tubuh lainnya, pertama kali kita perlu mengetahui organisasi dasar sel dan fungsi komponen-komponennya.

Sel terdiri dua bagian utama, yaitu inti dan sitoplasma. Inti berada di dalam sitoplasma dan dipisahkan dari sitoplasma oleh membran inti, sedang sitoplasma dipisahkan dari cairan sekitarnya dengan membrane sel.
Berbagai zat yang menyusun sel bersama-sama disebut protoplasma, yang terdiri dari lima zat dasar : air, elektrolit, protein,lemak dan karbohidrat.

Air. Medium cair semua protoplasma adalah air, yang terdapat dalam konsentrasi antara 70 sampai 80 persen. Sifat air yang cair memungkinkan zat yang terlarut mengalir ke berbagai bagian sel, karena itu menyediakan transport bagi zat-zat dari satu bagiansel ke bagian yang lain.

Elektrolit. Elektrolit yang paling penting dalam sel adalah kalium, magnesium, fosfat, sulfat, bikarbonat, dan dalam jumlah kecil natrium, klorida dan kalsium.

Protein. Di samping air, zat paling banyak dalam sel adalah protein, yang dalam keadaan normal merupakan 10-20 persen massa sel. Terbagi menjadi dua yaitu protein structural dan enzim. Protein structural adalah protein pembentuk sel tubuh. Protein ini terdapat dalam membran sel yang menjadi sebuah membran tempat bertukarnya cairan tubuh untuk memenuhi kebutuhan dan menjaga keseimbangan cairan tubuh, membran inti, dan dalam membran sekitar struktur inti sel seperti reticulum endoplasma dan mitokondria.

Protein struktural sebagian fibrosa yaitu membentuk jaringan padat yang berikutnya membentuk organ. Sedangkan enzim berbentuk cairan , yang bisa larut, diserap atau diikat pada permukaan membrane sel.
Protein penting dalam sel adalah DNA (Asam deoksinukleat ) sebagai penyusun gen.

Inti sel adalah pusat pengawasan sel, di dalamnya terdapat DNA dalam jumlah besar, yang dinamakan gen . Organela di dalam sitoplasma yang perlu diperhatikan adalah, mitokondria sebagai pengolah energi yang diperlukan oleh sel. Lisosom menghasilkan system pencernaan, zat asing dan tidak berguna di buang. Dan reticulum endoplasma yang berfungsi sebagai media sekresi protein berupa enzim.

Sekumpulan sel akan membentuk jaringan, dan sekumpulan jaringan membentuk organ, beberapa organ (ginjal, mata, paru-paru, jantung dll) membentuk satu kesatuan, tubuh.

~ oleh bangzabar pada Desember 8, 2009.

Satu Tanggapan to “SEL DAN JARINGAN”

  1. Yg ini umum jang,,,,,,Law mo yg khusus,,Lihat ja di nav atas….wkwkwkkwkwkwkwkwkkwkwkwk……………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: