METABOLISME PERNAFASAN

Bernafas adalah aktifitas manusia yang dilakukan baik dalam keadaan sadar atau tidak sadar. Jika kita melihat strukturnya, paru-paru kita bisa tampak seperti pohon yang terbalik
Udara masuk ke dalam paru-paru sebagai organ tubuh dalam sistem pernafasan melalui hidung dan mulut, kemudian masuk ke sudut bagian belakang tenggorokan dan masuk ke paru-paru melalui saluran tenggorokan atau trakea.
Batang trakea bercabang membentuk bronki, bronki bercabang lagi untuk membentuk saluran yang lebih kecil lagi, seperti cabang pohon yang membantuk ranting-rantingnya. Ranting-ranting bronki yang kecil disebut bronkiole, dan bronkiole berujung kantong-kantong udara yang kecil disebut alveoli.
Di alveoli inilah terjdi pertukaran udara, darah dari paru-paru bersirkulasi melalui kantong-kantong udara kecil tersebut, mengambil oksigen murni dan membuang karbondioksida. Selanjurnya jantung memompa darah yang bermuatan oksigen ke seluruh tubuh. Aktifitas kita bernafas adalah untuk memperoleh udara bersih yang bermuatan oksigen dan menghantarnya hingga mencapai alveoli. Pertukaran udara sendiri tidak terjadi dalam saluran pernafasan. Fungsi saluran udara hanya untuk mengangkut masuk udara bersih dan menghembuskan keluar udara kotor.
Saluran-saluran di atas tidak hanya berfungsi sebagai terowongan saja, tetapi sebagai salah satu front terdepan mekanisme pertahanan tubuh. Paru-paru memiliki permukaan yang terekspos pada dunia luar, yang wilayahnya jauh lebih luas dibandingkan bagian tubuh yang lain, termasuk kulit. Sehingga saluran pernafasan juga berfungsi mengusir kotoran, debu, tungau dan bakteri dari benda-benda asing yang merugikan lainnya.Permukaan dalam saluran pernafasan berperan penting dalam menjebak dan membuang benda-benda asing. Hampir semua partikel pengganggu akan tersangkut di selaput lendir yang menyelimuti saluran nafas atas (hidung), mulut dan dan saluran nafas bagian bawah (trakea, bronki dan bronkiolus). Struktur rambut yang sangat lembut (cilia) menutupi permukaan saluran nafas. Organ kecil ini bergerak dan secara lembut menyapu unsur-unsur kontaminasi keluar menuju rongga mulut.

~ oleh bangzabar pada Desember 11, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: