Dasar-dasar Kewirausahaan

a. Arti dan Lingkup Usaha
Dalam pengertian sempit, Usaha adalah kegiatan yang menghasilkan uang. Dalam pengertian luas usaha adalah suatu ide yang diwujudkan dalam suatu rencana dan dilaksanakan dalam suatu kegiatan.
Secara sederhana, setiap kegiatan dapat diartikan sebagai usaha jika
dilaksanakan melalui langkah-langkah:
1). Mencari ide,
2). Direncanakan,
3). Dilaksanakan,
4). Terdapat aktifitas yang jelas,
5). Adanya imbalan atau penghargaan atas kegiatan tersebut.

Kita dapat menjadi seseorang yang mempunyai jiwa kewirausahaan apabila Kita secara terus menerus mengikuti secara sistematis proses diatas dalam menghadapi tantangan-tantangan dalam kehidupan Kita.
Dengan memahami konsep usaha sebagaimana pengertian di atas, Kita dapat memahami bahwa terdapat banyak orang yang mempunyai potensi kewirausahaan, dan bahkan Kita dapat mewujudkan usaha bisnis Kita sendiri.

Yang membedakan apabila seseorang memiliki jiwa kewirausahaan adalah mereka yang dapat menghadapi secara positif tantangan dan masalah yang mereka hadapi setiap hari dengan mereka yang tidak dapat menghadapinya adalah dalam pendekatan dan sikap mereka ketika menghadapi persoalan dan memecahkan masalah.
Menjadi seseorang dengan jiwa kewirausahaan dapat memberi keuntungan bagi Kita secara perorangan dan dapat pula membantu Kita untuk menjadi orang yang berharga, bermanfaat di keluarga Kita, kelompok, tempat bekerja dan masyarakat umum.

Memiliki sifat kewirausahaan akan membuat Kita mencapai banyak hal dan akan menonjol ditengah orang banyak karena sikap dan pendekatan Kita yang sistematis terhadap isu-isu ataupun kejadian-kejadian yang sedang berlangsung. Dengan menggunakan pendekatan kewirausahaan Kita akan tahu apa yang akan Kita lakukan dalam kondisi apapun yang perlu dihadapi. Pendekatan seperti ini akan membuat Kita menghargai tantangan dalam hidup karena akan dapat mewujudkan tantangan itu menjadi hasil yang positif.

Dengan memahami konsep usaha sebagaimana pengertian di atas, Kita dapat memahami bahwa, termasuk Kita dapat mewujudkan usaha bisnis Kita sendiri, dengan kata lain pengusaha tidak dibatasi dengan jenis kelamin, umur, kepercayaan, suku, dan atau unsur pembeda yang lain.

Pengertian wirausaha (enterpreuneur)
Proses menciptakan sesuatu yang berbeda dengan mengabdikan seluruh waktu dan tenaganya disertai dengan menanggung resiko keuangan , kejiwaan, sosial dan menerima balas jasa dalam bentuk uang dan kepuasan pribadinya.

~ oleh bangzabar pada Desember 18, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: