Kepanjangan dari KEWIRAUSAHAAN

Untuk membantu Kita menjadi seorang pengusaha, Kita membutuhkan dan perlu mengingat
KE W I R A U S A H A A N dibawah ini :
K; Kreatif, ketrampilan, Kepemimpinan, Ketidakpastian
Pengusaha baik laki-laki dan perempuan mempunyai kemampuan atau pengetahuan yang memungkinkan mereka untuk melakukan dan menyelesai kan aktivitas. Kebanyakan mereka yang berjiwa kewirausahaan mempunyai pengetahuan yang cukup, sikap dan ketrampilan praktis untuk memimpin, berani dan mampu untuk menghadapi ketidakpastian serta memiliki kreatifitas yang tinggi dengan memanfaatkan perubahan yang terjadi serta sumber daya yang mampu dikelola.
E; Energi, Empati, Etika
Bekerja keras dengan cara yang pintar, adalah kunci dalam kewirausahaan. Banyak kekuatan mental dan fisik dibutuhkan untuk dapat menghadapi semua tantangan yang terlibat dalam memperoleh solusi bagi masalah dan untuk berhasil menyelesaikan suatu usaha. Untuk meningkatkan kekuatan, Kita perlu merangsang otak dan semua indra -penglihatan, pendengaran, sentuhan, penciuman, dan rasa sehingga semua siap dalam mengenali apa yang perlu dilakukan dalam situasi yang berbeda disamping itu sikap berempathi degan etika yang baik juga mampu memberikan rangsangan kepada kita untuk mempu menyelesaikan masalah orang lain. Dalam rangka menjalankan kegiatan tersebut
Kita perlu sehat dan fit secara fisik, dan ini bisa dicapai dengan diet yang sesuai dan latihan fisik.
W; Wawasan Luas
Wawasan yang luas terhadap segala sesuatu yang pernah diketahui dan atau dialami dalam kehidupan sehari-hari atau dengan memahami pengalaman orang lain, dapat dijadikan sebagai salah satu sumber berpikir untuk menyelesaikan masalah melalui penciptaan hal-hal yang lebih bermanfaat bagi diri sendiri maupun bagi masyarakat.
I; Ide, Inovasi, Imbalan, Inisiatif
Kemampuan untuk menerapkan ide-ide baru yang memungkinkan Kita mejalankan aktivitas secara berbeda adalah tKita lain mereka yang berjiwa kewirausahaan. Melalui inisiatif, imajinasi, intuisi dan pengetahuan individu, Kita akan dapat mengubah sesuatu atau menemukan jalan untuk mengakomodasi situasi yang baru. Apapun yang Kita hadapi. Informasi mengenai isu dan bidang yang berbeda adalah masukan yang penting
untuk menjadi inovatif. Maka, laki-laki dan perempuan yang mau berusaha memberi nilai yang besar pada informasi dan mereka selalu awas dan senantiasa melakukan penelitian.
R; Rencana
Supaya dapat melihat gambar keseluruhan dari usaha dalam pengertian mengapa harus didirikan, apa yang harus dilakukan, bagaimana dapat diselesaikan, siapa yang akan melakukannya dan kapan akan selesai, adalah perlu untuk membuat rencana tertulis.
Rencana tertulis dapat menjelaskan situasi dan membantu membuat keputusan apakah akan melibatkan diri dalam kegiatan yang berakibat suatu usaha dimulai atau tidak. Dalam hal usaha bisnis, perencanaan akan memberi indikasi apakah akan terjadi keuntungan atau kerugian.
A; Adil
Seorang pengusaha perlu memiliki sifat adil dalam arti sempit mampu menjaga perlakuan diri terhadap pekerja atau orang lain sehubungan dengan hak dan kewajiban baik pada saat berinteraksi langsung maupun tidak langsung dengan pengusaha
U; Ulet
Keputusan untuk mengambil langkah dan memulai usaha atau melakukan kegiatan harus dibuat. Semua laki-laki dan perempuan yang mau berusaha membuat keputusan ini hanya setelah mereka melakukan sejumlah penelitian, sehingga pada akhirnya mereka biasanya dapat mencapai hasil sukses dan mendapatkan keuntungan. Kita selalu harus mengambil
langkah pertama, karena hal ini menKitai perbedaan antara yang berjiwa kewirausahaan dan mereka yang tidak. Sukses dimulai dari keputusan untuk memulai bergerak ke arah yang benar dan yang kita inginkan.
S; Supel, Sabar, Senang
Pengembangan kepribadian seseorang untuk mampu berinteraksi dengan orang lain salah satu sifat yang harus dimiliki adalah mampu berinteraksi dan memposisikan dirinya dalam lingkungan dan kondisi yang sedang berlang-sung. Sabar dan tidak keberatan dan dengan senang hati untuk mendengar kan pendapat orang lain, akan mampu memberikan banyak peluang usaha dan relasi di kemudian hari.
A; Antusias
Terdapat banyak tantangan yang harus dihadapi ketika mencoba untuk mendirikan suatu usaha. Perempuan menghadapi tantangan yang spesifik, beberapa diantaranya negatif dan tidak berpihak. Untuk mewujudkan usaha yang akan memberi keuntungan yang Kita harapkan, kemampuan untuk tetap berada di jalur yang digariskan meskipun terdapat banyak tantangan di sepanjang jalan adalah penting. Kesabaran, ketehunan dan kepercayaan diri adalah beberapa sikap yang harus Kita terapkan untuk bertahan terhadap tantangan mental dan fisik yang akan Kita hadapi.
H; Hasil (laba), Hadiah
Kita yakin bahwa untuk mencapai penghargaan yang memuaskan dari pekerjaan, Kita perlu mengerjakan dan menyelesaikan tugas secara baik dan tepat waktu dengan penuh harapan dan target. Efisiensi, keefektifan dan pengaturan waktu adalah aspek penting yang membuat Kita dapat menyelesaikan pekerjaan. Kemampuan untuk berfokus pada hasil kerja membantu Kita untuk berkonsentrasi pada apapun yang Kita ingin lakukan.
A; Asa
Kita mempunyai motivasi untuk mencapai kesuksesan dan melakukan semua kegiatan Kita. Sikap dan ketajaman persepsi Kita memungkinkan Kita bekerja untuk mendapat hasil yang diharapkan setiap kali Kita berniat melakukan sesuatu. Pendekatan ini membuat Kita bekerja lebih keras daripada orang lain.
A; Akal Sehat
Akal sehat sangat penting bagi seorang pengusaha untuk selalu berpikir positif kepada orang lain, disamping agar mampu melakukan prediksi dan perencanaan yang realistis sehingga kerugian dapat dihindarkan.
N; Norma
Salah satu syarat seorang pengusaha dapat menjalankan kegiatan usahanya adalah apabila mereka mengetahui norma/aturan/kebiasaan dan mampu untuk tidak melanggarnya.
Dalam pengertian formal, norma dapat dikatakan sebagai hukum yang harus dipahami oleh seorang pengusaha terkait dengan apa yang boleh dan bisa dikerjakan dan hal-hal apa yang seharusnya dihindari
Unsur-Unsur Kewirausahaan
1) Mengamati lingkungan
2) Mengidentifikasi yang dapat dikerjakan dan bermanfaat
3) Mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan
4) Melaksanakan kegiatan ketika siap
5) Menerima imbalan
Tipe-tipe Pengusaha
Sebelum memulai sebuah usaha bisnis, adalah perlu untuk mengidentifikasi jenis-jenis Pengusaha supaya Kita dapat menentukan pilihan. Berbagai tipe Pengusaha diperlukan untuk membantu negara agar berkembang. Mari kita lihat kemungkinannya:
a. Pekerja Mandiri
Perorangan yang melakukan seluruh pekerjaan dan mengambil semua keuntungan. Ini termasuk toko keluarga, agen, ahli reparasi, akuntan, hingga ahli fisika dan ahli hukum. Ini dapat merupakan pekerjaan penuh waktu karena tidak ada orang lain yang terlibat.
b. Pengusaha opportunistik
Mereka yang memulai usaha bisnis dan memperluasnya secepat mungkin untuk dapat menggaji pegawai lain. Biasanya, pegawai tambahan ini mempunyai keahlian yang diperlukan yang tidak dimiliki oleh pemilik.
c. Pengusaha Inventif
Mereka dengan kemampuan inventif khusus yang merancang produk yang lebih baik kemudian menciptakan perusahaan untuk mengembangkan, memproduksi dan menjual itemnya. Perusahaan teknologi tinggi berjenis ini merupakan trend baru.
d. Pengusaha Multiplier
Mereka yang mencari ide dari ide orang lain agar dapat membuat usahanya sendiri berdasarkan model tersebut. Operasi waralaba (Franchise) atau chain store adalah bentuk pendekatan ini.
e. Pengambil Manfaat dari Skala Ekonomi – Economy of Scale Exploiter
Mereka yang memanfaatkan volume besar penjualan dengan menawarkan harga diskon dan beroperasi dengan overhead yang sangat rendah.
f. Pengusaha Pengakuisisi:
Mereka yang mengambil alih usaha bisnis yang dimulai oleh orang lain dan menggunakan ide mereka untuk membuatnya berhasil. Ini sering terjadi bila terdapat masalah keuangan dalam operasi saat itu. Ide manajemen yang segar dapat menyelamatkan usaha bisnis.
g. Pengusaha Model Jual Beli
Mereka yang membeli perusahaan dengan maksud memperbaikinya agar dapat dijual kembali untuk keuntungan.
i. Pengusaha Spekulator
Mereka yang membeli komoditas dan menjualnya kembali untuk keuntungan. Real estate, barang seni, barang antik dan hasil tanam adalah barang spekulator yang khas/unik.

~ oleh bangzabar pada Desember 19, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: