TIPS AMAN UNTUK OLAH RAGA

Olah raga merupakan bagian yang sangat penting dari gaya hidup seseorang, khususnya bagi penderita diabetes. Di bawah ini beberapa tips agar dapat melakukan olahraga dengan aman.

  1. Lakukan pengecekan gula darah sebelum dan sesudah melakukan olah raga. Dokter dapat membantu anda untuk memutuskan apakah anda harus makan snack atau mengubah dosis obat, untuk menghindari hipoglikemia.
  2. Olah raga yang dilakukan 1 sampai 2 jam setelah makan, adalah waktu terbaik untuk mennghindari hipoglikemia.
  3. Minum air yang banyak 2 jam sebelum berolah raga untuk mencegah dehidrasi, karena dehidrasi dapat mengganggu kemampuan tubuh menggunakan glukosa.
  4. Jika anda mempunyai kolesterol atau trigliserida tinggi lakukan pemeriksaan jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler) sebelum memulai program olah raga.
  5. Lindungi kaki anda dengan memakai kaus kaki dari katun atau campuran poliester-katun untuk menjaga kaki tetap kering dan menghindari lecet. Anda juga bisa mengoleskan silika gel pada kaki.
  6. Sebelum melakukan olah raga, lakukan persiapan :
  • Peregangan (strecth) : 5 – 10 menit sebelum atau sesudah pemanasan
  • Pemanasan (warm up) : 5 – 10 menit, untuk mempersiapkan otot skeletal, jantung dan paru-paru menuju intensitas latihan.
  • Pendinginan (cool down) : 5 – 10 menit, ini akan mengembalikan kecepatan jantung pada kondisi sebelum berolahraga.

~ oleh bangzabar pada Januari 25, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: